Bakmi Apin, Yamien Bandung Ala Thailand

Penulis : Dewi Suspaningrum

Menjelajahi kuliner dikota kembang memang mengasyikkan, terutama bagi kita-kita yang terhitung doyan makan. Buat anda yang mungkin bosan dengan menu rutin dan penyuka adonan mie, barangkali bakmi Aping bisa menjadi pilihan saat bertandang ke bumi Prahiayangan.

Dulu letaknya sangat strategis persis disamping gedung hotel Sukajadi atau tepat didepan factory outlet dan showroom Vinnoty Living. Namun kini Bakmi Apin bisa ditemukan di Jl. Sukajadi tepat di seberang mall Paris Van Java, Bandung, Jawa Barat.

Jika dulu Pak Apin merintis warungnya dengan gaya kaki-5 namun kini 10 tahun kemudian keluarga Apin sudah memiliki restauran sendiri, bahkan membuka cabang di wilayah Cimahi, Bandung yang dikelola langsung oleh anaknya sebagai generasi penerus ke-dua.

Sepintas dalam penampilan yamin Bakmi Apin terkesan biasa-biasa saja. Baru terasa bedanya jika kita sudah melahapnya. Inti yang membuat bakmi ini terkenal adalah karena  racikan bumbu bakminya yang  resepnya didapat dari turun-temurun keluarga Apin yaitu dari orangtuanya yang asli warga Thailand.

Mie Yamin, yang terbagi dalam dua rasa yang asin atau yang manis, mienya adalah buatan sendiri dari bahan-bahan organik pilihan dipadu dengan cacahan ayam dan jamur. Hem…. rasanya memang juara deh… Meski saat ini ada yang mencoba meniru sajian bakmi Apin ini tetap terasakan bedanya dan dijamin halal dalam proses pembuatannya.

Sudah lebih dari 20 tahun keluarga Apin berjualan Yamien dan juice strawberry. Biasanya mereka buka dari jam 09.00  WIB hingga pukul 20:00 WIB (namun jika banyak pelanggan yang datang bisa cuma sampai jam 4 atau jam 5 sore sudah kehabisan).

Menu andalan di bakmi Apin selain yamien asin dan yamien manis sudah tentu juicenya strawberry dan juice kedondong. Namun anda bisa mencoba menu lainnya semisal siomay dan baso, makanan berat seperti nasi timbel, nasi goring Thailand hingga singkong Thailand dan manisan manga tersedia juga. Harganyapun beragam mulai dari 15.000,- untuk juice dan manisan manga dan kedondong serta harga Rp25.000,- hingga Rp 50.000,-  untuk makanan beratnya.

Nah buat anda yang kebetulan sedang melancong di kota kembang, bandung silahkan saja untuk membuktikan kelezatan Bakmi Aping. Selamat berburu kuliner !!!…

Bandung, Dee, 01092020

Tags:
,
Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
2 Comments
  • Avatar
    benny n joewono
    Posted at 02:45h, 11 September Reply

    Saya kalau ke Bandung selalu mampir..

  • Avatar
    Dewi Suspaningrum
    Posted at 11:13h, 14 September Reply

    Betul enak sekali kan pak Benny. Jangan lupa coba manisan mangganya dan juice kedondongnya selain yamin-nya yang memang juara. Bakmi Apin memang dikelola oleh suami istri pak Apin dan ibu mira. Selamat menjelajahi kuliner di kota Kembang…

Post A Comment