Belimbing Wuluh Buah Murah Meriah Dengan Sejuta Manfaat Kesehatan

Oleh :Atie Nitiasmoro

Selama ini kita megenal belimbing wuluh atau belimbing sayur sebagai salah satu bahan campuran sayur asem, garang asem, pesmol yang menyumbang rasa asem dan segar nikmat dimakan di siang hari dengan nasi panas. Namun ternyata buah yang rasanya sangat asam ini bermanfaat juga untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak tanggung tanggung, seluruh bagian pohon ini dari batang, daun, bunga sampai buahnya berdaya guna.

Sejak kecil, bila anak saya batuk, saya petik bunga belimbing wuluh di  halaman dan merebusnya. Meminum segelas rebusan bunga yang rasanya asam dan segar ini efektif menghilangkan batuk. Bila batuk agak berat, minumlah pagi dan sore untuk beberapa hari.

Belimbing wuluh biasa disebut sebagai belimbing sayur dan  banyak tumbuh di area tropis seperti Indonesia, Filipina, Sri Langka, Myanmar, dan Malaysia. Bentuknya kecil dan oval dengan nama latin Averrhoa bilimbi. Rasa asam belimbing wuluh berasal dari kandungan asam oksalat yang tinggi.

Belimbing wuluh sudah terbukti memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari drhealthbenefits, belimbing wuluh dijadikan obat tradisional di seluruh Asia karena sifat asamnya yang tinggi. Belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, C dan B kompleks serta protein. Beberapa kandungan mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi juga terkandung dalam belimbing wuluh. Sebelum merebus belimbing wuluh, pastikan  membelahnya jadi dua terlebih dahulu.

 

Berikut manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan

  1. Mengurangi Diabetes, caranya mudah, jus belimbing wuluh bisa tambahkan madu untuk mengurangi rasa asamnya dan langsung Atau rebus dengan segelas air lalu minum air rebusannya pagi dan sore. Ramuan ini bisa mengontrol dan secara berangsur kadar gula darah bisa menjadi normal lagi.
  2. Mengurangi flu dan demam, rebusan belimbing wuluh sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati demam dan flu. Belimbing wuluh kaya akan vitamin C tinggi dan terbukti bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  3. Mengobati Batuk & Pilek, rebus segenggam bunga belimbing wuluh dengan dua gelas air sampai mendidih, minum hangat hangat air rebusan yang rasanya asam segar ini. Cara lain peras belimbing wuluh dan tambahkan sedikit garam di air perasannya. Untuk melegakan tenggorokan akibat terlalu banyak makan gorengan juga bisa dengan mengiris tipis tipis belimbing wuluh campur dengan gula dan seduh dengan air panas.
  4. Mengobati alergi, dilansir dari healthbenefitstimes, alergi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas pada sistem kekebalan tubuh. Alergi bisa didapatkan dari makanan, obat-obatan, udara, logam, dan lain-lain. Gejala saat orang mengalami alergi juga bermacam-macam. Gangguan mata merah, gangguan pernapasan, pilek, dan gatal pada kulit. Nah, minum jus belimbing wuluh atau daun belimbing wuluh  secara teratur bisa membantu mengurangi alergi.
  5. Mengontrol tekanan darah tinggi, hipertensi adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan peningkatan tekanan darah di arteri. Belimbing wuluh sendiri digunakan sebagai obat tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Caranya rebus belimbing wuluh dengan 3 gelas air hingga mendidih, tunggu hingga dingin kemudian diminum setiap pagi. Atau rutin minum juice dari 5 buah belimbing wuluh setiap hari selain  ampuh mengendalikan hipertensi juga melangsingkan perut.
  6. Meringankan nyeri otot tumbuk daun belimbing wuluh hingga halus, kemudian oleskan pada otot yang terasa nyeri, lakukan dua kali sehari. Belimbing wuluh dipercaya dapat meringankan nyeri otot secara perlahan tanpa efek samping berkat kandungan antiinflamasi dan analgesiknya.
  7. Mengobati infeksi akibat gigitan serangga, belimbing wuluh juga memiliki manfaat melawan bakteri yang masuk melalui gigitan serangga. Kandungan zat yang terdapat pada batang dan daun belimbing wuluh bersifat antibiotik yang bisa mengatasi infeksi kuman akibat gigitan serangga. Anda bisa mendapatkan manfaat belimbing wuluh yang satu ini dengan cara menghaluskan daun dan batang dari pohon belimbing wuluh. Setelah halus, campurlah bersama bawang putih hingga menjadi seperti pasta kemudian oleskan pada area kulit yang digigit serangga.
  8. Mengobati penyakit gondongan, kandungan pada batang dan daun belimbing wuluh bisa melawan virus gondok. Pilihlah batang dan daun belimbing wuluh yang masih muda lalu haluskan daun dan batangnya bersama bawang putih sampai menjadi pasta. Ini bisa mengobati gondongan dan meredakan pembengkakan.
  9. Menurunkan berat badan, berat badan merupakan salah satu indikator kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat biasanya memiliki berat badan yang normal atau ideal. Bagi Anda yang memiliki masalah berat badan berlebih bahkan obesitas maka Anda bisa menggunakan belimbing wuluh. Buah ini mengandung zat antihiperlipidemik.
  10. Menjaga kesehatan tulang dan gigi, kesehatan tulang biasanya akan berangsur melemah seiring pertambahan usia. Anda bisa menggunakan belimbing wuluh untuk menjaga asupan kalsium alami bagi tulang dan gigi.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan

  1. Mengobati jerawat & Mencerahkan wajah, belimbing wuluh memiliki manfaat untuk mengobati jerawat. Tumbuk halus belimbing wuluh lalu aplikasikan pada wajah seperti masker dan diamkan selama 30 menit lalu basuh wajah dengan air hangat. Lakukan  setiap hari selama 3 hari, kemudian seminggu sekali, anda akan merasakan bedanya. Untuk hasil optimal, minum juga juice belimbing wuluh yang dapat  mencerahkan, mengencangkan,  mencegah penuaan dini. serta menghilangkan flek hitam.
  2. Menurunkan Berat Badan, kandungan serat yang tinggi pada belimbing wuluh  dapat mengendalikan berat badan dan juga mengurangi lemak dalam tubuh penyebab obesitas. Untuk ini selain di jus, bisa dikombinasikan dengan meminum air rebusannya dan menambahkan buah ini dalam menu harian.

Atie Nitiasmoro@Kenari Guest House

 

Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment