Doi Tung Tempat Nyaman Dalam Ketenangan Alam

Penulis : Dewi Suspaningrum

Mencari lokasi alam pegunungan yang indah ?…. Ingin menyatu dengan alam dengan penataan taman yang berbeda??…. Tentu jawabannya adalah Mae Fah Luang Garden, Doi Tung, Chiang Rai, Thailand. Tempat ini adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang bisa dipilih untuk rujukan saat berwisata ke Thailand.

Dulunya, Doi Tung merupakan kawasan gersang yang hampir keseluruhannya dipenuhi ladang opium, yang kemudian dikenal sebagai wilayah “Segitiga Emas” atau “Golden Triangle”. Tapi kini, semua berubah drastis. Anda akan berdecak kagum, saat mengunjungi pegunungan Doi Tung ini, terutama Mae Fah Luang Garden.

Ladang opium kini berubah menjadi taman-taman indah tertata rapi dengan ribuan jenis bunga cantik dari berbagai negara di dunia, dengan desain taman (landscape) yang sangat mengagumkan. Wisata Alam yang kelola oleh pihak kerajaan Thailand ini memang menjadi tujuan wisata favorit di Chiang Rai, Thailand. Kota ini juga merupakan kawasan kota Mandiri.

Perlu waktu sekitar 45 menit dari Bandara Chiang Rai untuk mencapai wilayah Doi Tung. Meskipun dikelola oleh kerajaan bukan berarti tempat ini tertutup untuk umum, justru sangat terbuka bagi siapa saja. Anda bisa datang sekedar untuk berwisata ataupun untuk belajar tentang teknik-teknik membangun dan tata kota serta pertamanan juga pemberdayaan ekonomi rakyat.

Untuk itu disini, tersedia penginapan bagi pengunjung yang datang berwisata ataupun para pelajar atau arsitek yang datang untuk belajar atau studi banding. Untuk tamu-tamu kerajaan yang khusus datang atau diundang pihak kerajaan tentu akan mendapat fasilitas menginap di Royal Villa yang sangat asri dan dilayani sebagaimana tamu negara sementara untuk kalangan umum bisa menyewa Doi Tung Loodge.

Doi Tung Loodge adalah hotel yang dibangun dengan cakupan taman yang indah. Dari kamar anda bisa menikmati matahari terbit diantara ranting-ranting pohon. Sinarnya menguningi taman bunga dengan aneka jenis bunga tropis yang bermekaran dipagi hari.

Kamar yang disediakan untuk para tamu sangat dijaga kebersihannya. Setiap pagi akan ada pegawai yang mengecek apakah kamar ingin dibersihkan segera atau nanti. Kamar juga menyediakan   fasilitas  lengkap. Ada Coffe and tea set yang selalu tersedia dengan pemanas air bahkan tersedia cemilan khas Doi Tung yaitu biscuit dan kacang macademia produksi sendiri. Inilah andalah khas kudapan dari Doi Tung.

Kamar dilengkapi dengan fasilitas AC meskipun udara segar senantiasa sangat terasa dipagi hari. Juga televisi dengan beragam channel bisa menjadi pilihan buat anda yang ingin  bermalasan di kamar saja. Kamar mandi tersedia dengan shower air panas dan dingin. Peralatan mandi juga disediakan lengkap. Sayangnya tidak terdapat kolam renang. Tapi  jangan khawatir anda bisa berolahraga lari pagi atau lari sore di sekitar hotel bahkan ke pedesaan untuk berbaur dengan penduduk setempat dengan bonus  pemandangan alam yang indah.

Restaurant buka dari jam 7 Pagi hingga jam 7 malam. Pilihan makanan yang tersedia adalah makanan khas Asia khususnya menu-menu khas Thailand yang menggoda. Saya merekomendasi papaya salad untuk menu membuka makan siang. Segar dan menyehatkan. Makanan yang ditawarkan disini kebanyakan adalah sayur mayur dan buah-buahan segar yang didatangkan dari petani lokal. Sayuran dan buah-buahan nya organik sehingga aman dan sangat sehat. Harganya juga sangat terjangkau.

Jika anda bepergian bersama keluarga sebaiknya anda menyiapkan makanan instan dan cemilan di kamar karena hotel ini jauh dari lokasi central atau pusat kota. Namun untuk obat-obatan semua tersedia di toko obat yang  letaknya disamping restaurant.

Sementara untuk pilihan lainnya anda bisa mengunjungi cafe atau restaurant yang terletak di central kota Doi Tung. Anda bisa naik shuttle bus yang disediakan hotel untuk berkeliling Doi Tung. Atau menyewa mobil untuk jalan-jalan dengan keluarga.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah kopi khas Doi Tung dan cemilan kacang macademia. Disini selain Mae fah Luang Garden  anda bisa mengunjungi pasar tradisional suku Akka, museum kehidupan, pabrik kopi dan pabrik kacang macademia serta perbatasan tiga Negara, Thailand-Laos-Myanmar yang dibatasi oleh sungai Mekkong.

Saya sarankan untuk mengunjungi Doi Tung sebaiknya anda melakukan reservasi dahulu, bisa via telp atau situs travel online, karena tempatnya terbatas.

Selamat menikmati keindahan alam Doi Tung….

Chiang Rai, Thailand, Dee, 30062020

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment