Garlic Bread Mewah Rasanya Praktis Membuatnya

Oleh : Atie Nitiasmoro

Garlic Bread atau roti bawang putih cukup dikenal di Indonesia dan biasa dimakan bersama pizza, pasta maupun krim sup. Roti  yang rasanya gurih, berkat campuran keju, bawang putih dan rempah.  Roti khas Italy ini selain rasanya enak dan mengenyangkan, membuatnya sangat mudah dan cepat sehingga bisa menjadi alternative camilan keluarga di rumah atau untuk bekal sekolah anak.

Garlic bread awalnya terinspirasi dari bruschetta yakni roti panggang yang diberi olesan minyak zaitun, garam dan bawang putih dengan aneka toping seperti daging, tomat, kacang-kacangan dan keju. Bruscetta sudah terkenal sejak jaman Romawi kuno pada abad ke 15 menjadi makanan sehari-hari petani dan buruh, memanfaatkan roti yang hampir basi.

Melansir The Daily Meal, bruschetta di Tuscany menggunakan minyak zaitun berkualitas tinggi karena makanan ini disajikan pada perayaan panen zaitun di Tuscany, salah satu wilayah di Italy tengah. Garlic Bread punya banyak nama di berbagai negara seperti, Capon di Perancis atau  Knoblauchbrot di Jerman.

Garlic bread dibuat dari  French toast atau baguette yakni roti panjang dan bertekstur agak  keras tapi bisa juga dibuat dari roti tawar. Keju yang digunakan disini beragam, bisa cheddar, parmesan atau  mozzarella tergqntung selera. Untuk mendapat rasa keju yang lembut dan creami gunakan mozzarella. Untuk rasa keju yang lebih kuat seperti pizza bisa memakai keju parmesan namun jika ingin  rasa keju yang sedang, cheddar bisa menjadi pilihan.

Bahan :

  • 1 buah French toast atau baguette dipotong tipis tipis atau roti tawar setiap lembarnya potong jadi 2
  • 2 siung bawang putih cincang halus
  • 2 sendok makan mentega/butter
  • Keju
  • Daun peterselly atau sledri cincang halus
  • Oregano

Cara membuat:

  1. Panaskan Oven 180 derajat celcius
  2. Campur garlic, butter, keju, petersell dan oregano dalam mangkuk aduk rata dan oleskan ke atas roti yang sudah dipotong.
  3. Panggang dengan api bawah 180 selama 10 menit hingga kering bagian atasnya. Sajikan hangat dan nikmati renyaj i dan gurihnya roti ini.

Atie@Kenariguetshouse.com

 

 

Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment