Gedang Kepok Kuning

Oleh: Atie Nitiasmoro

Ingin diet tapi bermasalah dengan lambung? Solusinya gampang, rutinlah makan pisang kepok kuning. Hasilnya berat badan terjaga dan gangguan maagh berangsur hilang. Ini karena pisang mengandung antasida alami yang bisa mengikat dan menormalkan asam lambung.

Tidak hanya itu, pisang kepok yang rasanya manis dan mengenyangkan ini, memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan juga kecantikan. Kulit wajah menjadi lebih halus dan cerah serta mengecilkan pori pori.

Kandungan nutrisi pisang kepok sangat tinggi. Antara lain karbohidrat, protein, serat, vitamin (vitamin B6, vitamin C, vitamin A), dan mineral (kalium). Kalium dalam pisang membantu pembentukan sel, jaringan dan organ tubuh termasuk menjaga kesehatan ginjal. Kandungan gula pisang kepok yang rendah tapi tinggi karbohidrat baik untuk penderita diabetes.

Berikut berbagai manfaat pisang kepok kuning yang bisa langsung dimakan atau direbus.

Mencegah sembelit dan diare
Pisang kepok diyakini dapat mencegah sembelit dikarenakan pada pisang ini terdapat zat yang disebut pektin. Pektin memiliki manfaat yang sangat baik bagi sistem pencernaan karena sifatnya yang dapat melunakkan serta menyerap air dengan baik.

Kaya akan kalium
Kalium memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia diantaranya untuk pembentukan sel, pembentukan jaringan, dan pembentukan organ tubuh. Kalium disebut juga dengan potasium. Kalium ini dapat ditemukan pada buah pisang termasuk pisang kepok.

Membantu atasi stress
Pisang kepok diyakini dapat membantu mengatasi stress karena kandungan nutrisinya seperti pektin dan kalium yang juga memiliki kemampuan sebagai penghilang stress.

Baik untuk ginjal
Senyawa kalium juga sangat membantu kesehatan ginjal dan dapat mencegah batu ginjal. Selain itu buah pisang termasuk pisang kepok juga memiliki senyawa lainnya yang dapat membantu menjaga fungsi ginjal, yaitu fenolik antioksidan.

Menguatkan tulang
Pisang kepok dapat membantu menguatkan tulang bukan karena kalsium tapi karena memiliki kandungan prebiotik yang dinamakan fructooligosaccharide. Prebiotik inilah yang membantu tulang untuk menyerap kalsium dengan lebih baik.

Mengontrol tekanan darah
Pisang kepok mengandung kalium yang tinggi akan tetapi kandungan sodiumnya rendah. Kombinasi ini menjadikan pisang kepok sangat baik dalam menormalkan tekanan darah Anda sehingga terhindar dari resiko hipertensi.

Meningkatkan energi
Seperti yang kita tahu, untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tubuh memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi. Karbohidrat yang cukup banyak juga dapat ditemukan pada buah pisang termasuk pisang kepok.

Baik untuk mata
Kandungan vitamin pada pisang kepok memiliki kemampuan membantu kesehatan mata. Diyakini bahwa kandungan nutrisi yang terdapat pada pisang kepok juga sangat baik untuk mencegah degenerasi macula atau pandangan menjadi kabur.

Mengontrol gula darah
Kandungan gula pada pisang kepok sangatlah rendah sehingga sangat baik untuk penderita diabetes. Selain itu pisang kepok juga memiliki karbohidrat yang dapat membuat perut kenyang sehingga mengurangi konsumsi karbohidrat lain seperti nasi yang memiliki kandungan gula lebih tinggi.

Mengendalikan mood
Dikemukakan bahwa pisang memiliki senyawa asam amino yang membantu memicu produksi serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang membantu pikiran menjadi lebih tenang dan membuat suasana hati lebih stabil dan tenang.

AN/kenarigueshouse/05052020

Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment