Glamping, Piknik Anti Mainstream

Oleh: Flory Shanti Dewi

Buat yang suka piknik anti mainstream…coba deh sekali-sekali menghabiskan akhir pekan dengan camping di area pegunungan. Seru lho…

Nah, sekarang ini, banyak sekali area camping ground yang asyik di sekitaran Jogjakarta. Selain aksesnya mudah, fasilitasnya juga komplit, sekelas hotel yang membuat acara berkemah menjadi makin seru, nyaman dan aman.

Salah satu yang sempat saya coba, glamping atau glamour camping di kawasan Turi, Sleman. Untuk menuju lokasi, pengelola menawarkan fasilitas antar jemput, karena lokasinya lumayan nyempil di kaki gunung Merapi.

Setelah melewati perkebunan Salak, akhirnya sampai juga di area camping. Hmm… sejumlah tenda parasut sudah berdiri gagah. Ukurannya besar, kapasitasnya untuk 4 sampai 6 orang. Di dalam tenda, sudah ada kasur busa empuk mentul-mentul, bantal dan selimut. Lampu juga lumayan terang benderang.

 

Tak perlu bawa senter, lentera, apalagi Head lamp ya…, karena sekitar tenda banyak lampu. Yang asyik… ada colokan untuk charge HP maupun Laptop. So, jadi gampang update status atau posting foto di media sosial ha ha.. Untuk urusan mandi, don’t worry. Ada fasilitas kamar mandi. Ada shower dengan Closet duduk yang relatif bersih.

Kalau malas masak, disediakan dispenser dan termos air panas untuk nyeduh kopi atau susu coklat. Duuh… se happy itu… ngopi sambil ngobrol di bawah pepohonan pinus sambil mengenang mantan eh memandang megahnya puncak Gunung Merapi di kejauhan.

Malam harinya, disediakan santap malam ala Barbeque, berupa sosis, jagung dan ayam bakar. Sederhana tapi nikmat karena bersantap di alam terbuka sambil disinari cahaya bulan purnama. Di pagi hari, setelah jogging merambah ladang dan desa setempat, sepiring nasi goreng dengan telur ceplok dan teh panas sudah menantang untuk disantap.

Bosan di tenda? Ada paket hiking dan lintas alam yang cocok juga untuk anak-anak yang ingin belajar mengenal indahnya alam. Anda juga bias menikmati agrowisata dan mengenal kehidupan warga dusun yang bersahaja.

Jajal juga kemampuan trekking menyusuri lereng Gunung Merapi yang kaya vegetasi unik dan perkebunan salak. Tarif glamping ini bervariasi, tergantung jenis paket yang dipilih. Paket standar mulai dari 150 ribu per orang dan paket VIP sebesar 900 ribu per tenda.

Bagaimana? Jika anda tertarik, coba deh, browsing di mbah Google, banyak sekali tawaran paket Glamping yang murah meriah. Pilihan wilayahnya juga variatif. Mulai dari desa-desa kecil di Sleman, pantai indah di Gunung Kidul sampai Waduk Sermo di Kulonprogo. Semua sama kerennya.

Rasakan nikmatnya tidur di bawah cahaya bintang, sambil mendengarkan suara jangkrik dan tonggeret. Dinginnya udara dan alam yang cantik, rasanya ampuh mengusir stress setelah pandemi corona nanti berlalu.

 

Florysh/AN/kenariguesthouse/16/05/2020

Avatar
Flory Shanti Dewi
flory@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment