Jagung Pulut Ungu Bermanfaat  Atasi Sakit Lambung & Cegah Kanker Usus Besar

Oleh Erick Tamalagi

Penggemar musik Indonesia tentu tidak asing dengan lagu Demi Waktu dari Grup Band Ungu. Kalau Grup Band Ungu selalu bisa menjadi pengobat rindu penggemar musik pop rock alternatif,  saya dijelaskan tentang Jagung Pulut Ungu yang rasanya pulen seperti ketan dan lebih kenyal, ternyata bisa mengobati masalah lambung, tumor dan mempertajam penglihatan.

“Jagung ini obat pak, bisa untuk pengobatan tumor,” kata Kepala BPTP NTB, Dr Awaludin Hipi, M.Si saat kami berkeliling melihat aneka ragam tanaman di Balai Pengkajian & Tehnologi Pertanian NTB. Pernyataan ini  langsung membuat saya penasaran.

“Obat”?? Dari laman balitsereal.litbang.pertanian.go.id saya mendapatkan keterangan jika Jagung ungu atau dalam bahasa Spanyol dikenal dengan nama maiz morado, adalah salah satu jenis varietas jagung yang masih belum populer khususnya di Indonesia. Warna ungu yang terdapat pada jagung ungu disebabkan tingginya kandungan antosianin, khususnya jenis Chrysanthemin (cyanidan 3-O.glucoside), pelargonidin 3-O-B-D-Glucoside). Antosianin berasal dari bahasa Yunani, anthos yang berarti bunga sementara kyanos berarti biru. Antosianin yang mengatur warna biji seperti ungu, violet dan merah yang banyak terkandungan dalam sayur dan buah.

 

Antosianin bersifat sebagai antioksidan di dalam tubuh untuk mencegah terjadinya aterosklerosis, penyakit penyumbatan pembuluh darah. Antosianin bekerja menghambat proses aterogenesis dengan mengoksidasi lemak jahat dalam tubuh, yaitu lipoprotein densitas rendah Kemudian antosinin juga melindungi integritas sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah sehingga tidak terjadi kerusakan. Selain itu, antosianin juga merelaksasi pembuluh darah untuk mencegah aterosklerosis dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Antosianin bermanfaat melindungi lambung dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan mata, serta berfungsi sebagai senyawa anti-inflamasi yang melindung otak dari kerusakan. Beberapa studi juga menyebutkan senyawa tersebut mampu mencegah obesitas, meningkatkan kemampuan memori otak dan mencegah penyakit neurologis, serta menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain dapat mencegah kanker usus besar, manfaat lain dari jagung ungu ini adalah menyembuhkan obesitas dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang dapat dicegah dengan mengurangi berat-badan yang membuat insulin bekerja dengan lancar sehingga darah tidak kelebihan gula. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi zat warna jagung ini sama sekali tidak mengalami penambahan berat badan.

Bagi para pengidap penyakit kanker, perawatan yang harus dilakukan dengan jagung ungu ini adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk minuman. Namun ingat, jangan menggunakan gula, gunakanlah madu sebagai pemanis. Hal tersebut juga berlaku bagi orang yang menderita diabetes.

Meski akhirnya sore itu kami panen Jagung jenis lain, namun yang terbayang adalah menikmati Jagung Pulut Ungu sambil mendengarkan lagu lagu hits dari Band Ungu . Sekali mendayung dua obat bakal didapatkan.

Erick/tie/Kenariguesthouse

Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment