Jauhi Miras Dekati Kuah Asam

Oleh Erick Tamalagi

Kalau masuk NTT, asosiasi kuliner kita pasti daging Sei, daging yang diasapkan sehingga citarasa yang dihasilkan  sangat khas dan  tidak terlupakan. Sei  menjadi salah satu oleh-oleh yang special. Tapi NTT, khususnya Kupang ternyata bukan hanya Sei, banyak  kuliner lain yang menggoda  selera.

Ikan kuah asam salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan begitu saja saat berkunjung ke Kupang. Pasokan ikan laut segar dan berlimpah membuat banyak warung dan resto menjual menu satu ini. Namun  ada sebuah tempat yang cukup terkenal dan ramai pengunjung, namanya Warung Artis beberapa meter sebelum gerbang masuk wilayah pelabuhan Kupang.

Mungkin awalnya warung ini hanyalah bagian terpisah dari rumah yang belakangan juga menampung konsumen di teras sampai bagian dalam rumah. Sepintas berada ditempat ini, jangan coba coba datang jam 12 sampai jam 1 siang, karena pasti harus sabar mengantri untuk dapat tempat.

Lalu apa yang dihidangkan? Sederhana saja dan makanan sehari hari. Tapi jangan salah, coba pesan kuah asam kepala kakap. Kuahnya saja luar biasa. Belum lagi kepala ikannya, itu hampir semua isinya daging. Lalu tambahkan sambalnya, makin joss rasanya. Menu ini memang favorit pelanggan Warung Artis.

Tidak heran kalau disalah satu sudut warung  terlihat jelas tulisan : Jauhi Miras, Dekati Kuah Asam. Oh ya, tempat ini tidak punya cabang, dan pembayarannya sudah diakomodir Bank NTT.

Harganya?? Kami diajak makan ditempat ini oleh kawan-kawan Karantina Kupang. Kalau tidak salah dengar, harga yang harus dibayar untuk kami berenam jumlah totalnya Rp. 410.000 untuk 6 porsi kuah asam, es air jeruk dan jeruk hangat serta sambal khas NTT.

 

Erick/tie/Kenariguesthouse

Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment