Konro Rib’s Makanan Para Daeng

Penulis : Dewi Suspaningrum

Sebenarnya banyak makanan lezat yang menjadi makanan tradisional bumi Celebes atau Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan. Namun makanan para favorit para daeng yang terkenal sebagai para pelaut ulung adalah konro dan rib’s serta coto Makassar.

Konro adalah masakan sup iga sapi, makanan legendaris, dari tanah Bugis dan Makassar. Sup konro yang berkuah coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa (sejenis lontong) dan ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap sup ini berasal dari kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” akibat digunakannya ketumbar. Rasa pedas sup berbumbu ini dibuat dari campuran rempah-rempah hingga wanginya melekat dihidung dan sangat menggugah selera.

Kata konro dalam  bahasa Makassar yang artinya iga. Jadi, sup konro berarti sup yang berbahan dasar tulang rusuk iga sapi atau kerbau. Sup konro dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu konro berkuah (makassar beef-ribs soup) dan konro tidak berkuah atau yang kita kenal dengan sebutan rib’s atau konro bakar (makassar grilled beef-ribs). Potongan iga untuk  dibuat konro sangat khas yaitu tulang iga  yang panjang dengan tumpukan penuh daging yang gurih di antara tulang tulangnya.

Rib’s, atau konro bakar adalah daging iga yang sudah dimasak dengan beragam bumbu mirip dengan konro. Namun daging iganya setelah dimasak kemudian dibakar sebentar baru disuguhkan ke tamu dengan guyuran bumbu kacang yang kental dengan tomat hijau. Wuiiihh, sungguh nikmatnya tiada terkira.

Momen untuk menyantap rib’s bisa kapan saja dan dalam suasana apapun. Tapi yang pasti di Makassar konro dan rib’s adalah makanan kebangsaan yang selalu ada saat hari besar seperti lebaran, natal, kawinan, hajatan sunat, ulang tahun dll. Namun berdasarkan situasi dan kondisi momen yang tepat mengunyah konro adalah saat musim hujan atau selepas dari sakit dan dalam proses penyembuhan. Makanan ini sangat menggugah selera makan kita, dan mampu menghangatkan badan. Seperti saat ini. Konro sangat cocok menjadi sajian dikala musim pancaroba dan pandemi seperti ini, sebagai pasokan vitamin dan imunitas kita.

Lantas bagaimana caranya membuat konro berkuah ataupun konro bakar berikut resepnya :

Bahan sup konro :

1 kg iga sapi yang penuh daging, potong-potong sepanjang 10 cm. 3 lembar daun salam, 5 lembar daun jeruk purut, 5 batang serai 6 buah kluwek, ambil daging buahnya, rendam, dan haluskan 2 sdt garam 1 sdm air asam jawa.

Bumbu Halus :

7 buah kemiri disangrai, 5 siung bawang putih, 8 butir bawang merah 1/2 sdm lengkuas cincang.

 Cara membuat sop konro khas Makassar :

  1. Langkah pertama dalam memasak sop konro dengan merebus tulang iga yang sudah dicudi bersih dengan 2 liter air, daun salam, daun jeruk, dan serai hingga daging lunak.
  2. Tumis bumbu halus dengan 3 sendok makan minyak sampai matang dan berubah warna serta harum. Kemudian masukkan kluwek, aduk sebentar. Lalu tuangkan bumbu ke panci iga tulang dan daging. Masak hingga semua bumbu meresap dan iga sapi matang sempurna.
  3. Setelah empuk, sisakan air rebusan iga sebanyak 750 ml, lalu masukkan air asam dan didihkan kembali sampai empuk.
  4. Hidangkan konro panas-panas dengan kuah penuh dan tambahkan bawang goreng, emping goreng, sambal rawit ijo, dan jeruk nipis.

Selamat mencoba…

End-

 

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment