Lidah Buaya Solusi Jitu Perawatan kecantikan di Masa Pandemic Covid 19

Oleh Atie Nitiasmoro

Lidah buaya solusi jitu perawatan kecantikan kulit dan rambut di masa pandemic covid 19 dimana kita sulit ke salon. Selain karena pertimbangan kemungkinan tertular virus corona juga pertimbangan kantong yang harus dihemat sehemat mungkin karena berkurangnya pemasukan saat ini.

Bagi saya yang selalu mau terlihat cantik dengan kulit halus, rambut tebal berkilau tapi malas nyalon dan juga nggak mau ribet dengan perawatan yang lama serta mahal, lidah buaya menjadi dewa penyelamat.

Cukup mengoleskan daging lidah buaya ke kulit muka, leher, tangan dan kaki serta rambut kemudian saya lanjut beberes rumah. Sekitar 1- 2 jam kemudian saya mandi dan cuci rambut. Hasilnya kulit menjadi halus kerut memudar. Rambutpun menjadi lebat dan lembut. Lakukan rutin seminggu sekali atau dua kali, maka masalah kulit kering, flek hitam dan rambut rontok bisa teratasi. Oh ya gosokkan juga lidah buaya ke kuku kaki dan tangan kemudian sikat, maka kuku akan terlihat bersih berkilau.

Berdasarkan penelitian, lidah buaya kaya akan antioksidan, glukosa, mineral seperti kalsium, magnesium, dan natrium, serta vitamin A, B, C, E. dan Folat. Lidah buaya juga mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial dan merupakan tanaman yang memiliki sifat antiradang dan anti penuaan dini.

Itu sebabnya, tanaman yang tumbuh liar di negara beriklim tropis ini banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit dan rambut. Berbagai brand skin care dan kosmetik  dalam dan luar negeri banyak menggunakan lidah buaya. Gel atau ekstrak lidah buaya ditambahkan ke dalam sabun, shampoo, body lotion dan krim wajah.

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi mencegah penuaan dini sekaligus menghaluskan kulit wajah. Tumbuhan ini juga dapat mengatasi kulit terbakar matahari, jerawat, radang dan gatal serta mempercepat penyembuhan luka. Hebatnya lagi lidah buaya menjadi solusi untuk semia jenis kulit mulai dari kulit normal, kering, berminyak dan sensitive.

Cara Membuat Masker Lidah Buaya Rumahan

  • Masker lidah buaya untuk wajah

Anda dapat membuat masker lidah buaya baik dengan atau tanpa campuran bahan lain. Untuk membuat masker lidah buaya murni caranya sangat mudah, yakni:

  • Cuci bersih lidah buaya.
  • Kupas lidah buaya hingga mendapatkan daging buahnya yang berwarna putih bening.
  • Oleskan lidah buaya pada wajah dan leher secara merata dan biarkan hingga mengering.
  • Cuci wajah hingga bersih.

Selain masker lidah buaya murni,  bisa juga mencampurkan beberapa bahan lain seperti madu dan kayu manis. Ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan mengurangi bakteri penyebab jerawat.

Caranya membuatnya:

  • Campur 2 sendok makan madu murni dengan 1 sendok makan daging lidah buaya. Aduk rata.
  • Kemudian campur 1/4 sendok makan kayu manis dalam campuran tersebut sebelum mengaplikasikannya pada wajah.
  • Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 5-10 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih.

Dengan menambahkan  jeruk lemon ke dalam  masker lidah buaya dapat menyegarkan kulit wajah, membersihkan pori-pori wajah, dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya membuatnya:

  • Campur 2 sendok makan daging lidah buaya dengan 1/4 sendok teh air perasan lemon.
  • Aplikasikan pada wajah secara merata dan biarkan selama 5 – 10 menit.
  • Bilas dan bersihkan wajah.

Bisa juga membuat masker wajah dengan campuran gula pasir halus dan minyak kelapa untuk mendapatkan manfaatnya sebagai exfoliator yakni menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat memblokir pori-pori, merangsang pertumbuhan kulit yang sehat, membuat kulit terasa halus dan segar. Caranya membuatnya:

  • Campur 1/2 cangkir minyak kelapa dengan 1/2 cangkir gula pasir, aduk rata.
  • Lalu tuangkan 1/4 cangkir lidah buaya yang sudah dicincang. Anda dapat menyimpannya di dalam lemari pendingin baik sebelum dan sesudah menggunakannya.
  • Untuk menggunakannya, gosok lembut campuran masker tersebut pada wajah dan hindari area mata.
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih.
  • Masker lidah buaya untuk rambut
    Selain vitamin A, C dan E, lidah buaya juga mengandung vitamin B-12 dan folat yang berguna untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan berkilau, mencegah rambut rontok, dan memperbaiki kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari. Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut juga sangat mudah. Potong dua atau tiga daun lidah buaya yang besar Kemudian kupas kulitnya hingga mendapatkan daging buahnya. Haluskan dengan blender kemudian oleskan secara merata dari akar hingga ke ujung rambut. Diamkan sekitar 1 jam kemudian cuci dengan shampoo hingga bersih.

           Atie@kenariguesthouse

 

Tags:
Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment