Mbok Berek “Bu Noor atau Ny. Umi” Asli Yogyakarta

Penulis : Dewi Suspaningrum

Dalam perjalanan dari Solo ke Yogyakarta yang ditempuh saat siang menjelang, apalagi disaat lapar yang sudah pada puncaknya, maka tidak salah jika pilihan Ayam Goreng Mbok Berek “Bu Noor atau Ny. Umi” menjadi pilihan yang tepat untuk santap siang.

Seekor ayam utuh lengkap dengan kremesan dan sambal yang nampol banget tepat menjadi pilihan saat perut keroncongan. Untuk kenikmatan seekor ayam ini harganya hanya Rp. 100 ribu/ekor, jadi anda tinggal menambah pilihan sayuran seperti cah kangkung, capcay ataupun gudeg yang juga merupakan makanan khas Yogyakarta lainnya.

Lokasi restaurant yang strategis di pinggir jalan raya sekitaran candi Prambanan membuat restaurant ini tidak susah ditemui. Suasana restauran yang berupa rumah yang sengaja diubah menjadi restaurant ala rumah joglo justru meningkatkan nilai jualnya karena serasa pulang ke rumah keluarga besar. Bahkan di samping restaurant berdiri masjid megah sehingga sambil menunggu sajian makanan disiapkan kita bisa menunaikan kewajiban sholat terlebih dulu.

Ayam goreng mbok berek “Bu Noor atau Ny. Umi”…. Asli, rasanya sangat gurih dan empuk meskipun yang dimasak adalah ayam kampung… Disajikan dengan nasi panas… Uuuuhhh Yummy!!!. Jika anda menikmati makanan bersama keluarga sebaiknya anda memesan satu atau dua ekor utuh sesuai jumlah keluarga anda, tinggal ditambah sayuran dan lalapan atau tahu tempe goreng atau bacem juga telur gudeg. tapi jika anda hanya berdua, anda cukup memesan yang sudah potongan atau bisa seperempat ekor/orang atau sistem paket yaitu paket nasi gudeg atau paket nasi campur.

 

Suasana restauran tertata khas ruangan seperti pada  keluarga jawa kebanyakan dengan sejumlah lukisan dan beberapa hiasan dinding yang merupakan karya seni dari Jawa Tengah serti wayang dan kerisjuga batik. Terdapat bagian ruang ber-AC namun ada juga yang tidak ber-AC buat para laki-laki atau para bapak yang merokok. Ruangan restauran cukup bersih bahkan ada tempat buat lesehan juga sehingga kita bisa makan rileks sambil beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan hingga ke tujuan.

 

Yogyakarta 07072020.

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment