Menunggu Sunset di Kuta, Bali

Penulis : Dewi Suspaningrum

Bicara Pantai KUTA pastinya sama dengan bicara tentang BALI. Pantai Kuta merupakan destinasi wisata yang telah mendapat pengakuan dunia internasional akan keindahan dan daya tarik wisatanya. Wisatawan domestik maupun mancanegara yang berlibur ke Bali, bisa dipastikan akan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai Kuta, atau setidaknya melewatinya saat berkeliling ke tengah kota Denpasar.

Sejak dulu, keindahan Pantai Kuta memang sudah terkenal. Bahkan sejak awal 1970-an, wisatawan mancanegara sudah ramai datang ke tempat ini. Dalam sejarah, sebelum dikenal sebagai destinasi wisata yang populer di Bali, Pantai Kuta merupakan lokasi pelabuhan dagang bagi para pedagang lokal dan para saudagar yang datang dari Eropa.

Pemandangannya yang indah dengan pasir putihnya yang halus dan terhampar luas kemudian menjadi daya tarik utama dari wisata Pantai Kuta, Bali. Selain itu, Pantai Kuta juga terkenal dengan ombaknya yang bagus, tidak terlalu besar dan cocok bagi para peselancar pemula.

Garis pantainya yang mencapai 5 kilometer merupakan bentangan garis pantai terbaik di Pulau Bali. Ombaknya yang landai dengan bibir pantai yang sangat luas menjadikan Pantai Kuta sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi keluarga yang ingin menikmati liburan di Bali.

Pemandangan sunset di Pantai Kuta juga terkenal sangat indah dan eksotis. Warna langit yang berwarna kemerahan, berpadu dengan hamparan pasir putih serta gelombang air laut yang tidak begitu liar, menyajikan lukisan alam yang begitu mempesona. Sehingga banyak wisatawan yang rela menghabiskan waktu berjam-jam di pantai ini untuk menunggu cantiknya matahari terbenam. Selain itu, kebersihan Pantai Kuta juga sangat terjaga, sehingga banyak wisatawan yang merasa betah dan selalu ingin berlama-lama saat berkegiatan di pantai ini.

Letaknya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat pantai ini memiliki nilai tambah karena pemandangan alam yang mempesona. Pantai Kuta Bali terletak di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh para wisatawan. Lokasi Pantai Kuta tepatnya berada di sebelah selatan Kota Denpasar, dan hanya berjarak sekitar 15 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Akses menuju Pantai Kuta sangat mudah dilalui oleh kendaraan, baik sepeda motor, taksi, maupun kendaraan pribadi. Tetapi bagi Anda yang naik transportasi umum seperti bus, maka harus turun di area central parkir Kuta dan lanjut naik suttle untuk menuju ke lokasi wisata Pantai Kuta. Cara paling mudah menuju Pantai Kuta adalah menggunakan jasa sewa motor atau mobil yang biasanya banyak dijumpai di Pulau Bali. Untuk biaya sewa sepeda motor di Pulau Bali tarifnya antara Rp 100.000,- sampai Rp 200.000,- per hari. Sementara untuk biaya sewa mobil di Pulau Bali, biasanya tarifnya antara Rp 350.000,- sampai Rp 500.000,- per hari. Namun harga sewa mobil juga tergantung dari jenis mobil yang ingin disewa.

Ada banyak aktivitas wisata di Pantai Kuta yang bisa dilakukan, mulai dari berjemur di tepi pantai, berenang, hingga belajar berselancar. Pantai Kuta tidak hanya memiliki hamparan pasir putih yang luas tapi juga ombak yang panjang, tidak terlalu besar dan cukup landai sehingga cocok untuk aktivitas berselancar. Bagi peselancar pemula yang tidak membawa papan selancar tidak perlu khawatir karena di sepanjang Pantai Kuta banyak terdapat persewaan papan selancar dengan tarif bervariasi.

Di Pantai Kuta juga tersedia banyak penyedia jasa pelatih untuk Anda yang ingin belajar selancar. Anda akan dilatih oleh pemandu yang telah berpengalaman dan selalu siap untuk membantu Anda dalam proses belajar selancar.

Sebagian besar obyek wisata di Bali memang menerapkan harga tiket masuk bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Namun tidak demikian di Pantai Kuta karena di tempat ini tidak ada biaya tiket masuk bagi pengunjung, alias gratis dimasuki siapapun.

Tetapi bagi pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000,- untuk mobil. Fasilitas area parkir kendaraan di Pantai Kuta sangat terbatas, terlebih lagi saat musim liburan di mana kondisi tempat wisata ini sangat ramai. Biasanya tempat parkir akan penuh, dan kita harus memarkirkan kendaraan di tempat yang agak jauh dari lokasi atau menumpang parker di hotel-hotel yang berjajar sepanjang pantai.

Menjelang sore, wisatawan atau penghuni hotel di deretan wilayah pantai Kuta akan berjalan-jalan menuju bibir pantai untuk menikmati suasana matahari terbenam yang eksotis di Pantai Kuta. Ada banyak hotel dan penginapan di sekitar Pantai Kuta yang bisa menjadi pilihan selama liburan. Bahkan, kawasan Pantai Kuta ini menjadi salah satu lokasi paling dituju bagi wisatawan di Bali yang mencari penginapan ataupun restaurant dengan lokasi strategis menghadap bibir pantai dan harga terjangkau.

Kuta, Bali, Dee, 09092020

Tags:
,
Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment