Menyatu Dengan Alam di Tenjolaya Park

Penulis : Dewi Suspaningrum

Rasa stress dan penat yang sudah menumpuk membuatku butuh piknik barang sesaat, untuk menyingkir dari tumpukan deadline tugas rutinitas kantor. Namun, pastinya tidak bisa harus pergi jauh, karena besok harus kembali menyelesaikan tugas yang sudah pasti kembali menggunung. Beruntung seorang teman yang kebetulan pengelola wahana baru di wilayah Bogor, Jawa Barat. Mas Heru Pamudji menawarkan untuk mampir dan menikmati sejenak alam pegunungan di Tenjolaya Park atau sering juga disebut Boten Park, Bogor, Jawa Barat.

Perjalanan untuk mencapai Tenjolaya Park, memang memakan waktu yang cukup lama, namun berbekal waze dan google map, Alhamdulillah sekitar 3,5 jam dari wilayah Bekasi saya bisa sampai tujuan tanpa nyasar dan sempat mendapatkan gambaran sunset yang indah di tempat ini. Wahana diatas tanah seluas hampir 20 hektar ini, memang didesain untuk wahana wisata edukasi berbasis alam terbuka.

 

Tenjolaya Park, adalah wahana wisata alam terbuka atau outdoors yang baru dibuka untuk umum pada tahun 2018. Letaknya di wilayah Tapos atau tepatnya di kaki gunung Salak yang sangat dingin dan masih berselimut kabut di malam hingga pagi hari. Alamnya sangat eksotis dan juga istagramable buat para milenial yang selalu mencari spot-spot cantik buat wefie atau selfie ditaman bunga-bunga cantik atau kebun yang subur serta danau yang meliuk dengan wahana airnya seperti perahu dan sepeda air.

Tapi bukan cuman taman dan alam yang indah saja yang ditawarkan disini. Dengan tiket masuk seharga Rp.20.000/orang. Khusus buat anak-anak diberikan edukasi tentang go green sekaligus dimanja dengan pemandangan taman bermain yang luas dipenuhi bunga-bunga tropis berwarna-warni berpaduan dengan rumah Hobbit (jadi teringat film dongeng “The Hobbit”). Disini juga banyak ditanam beragam jenis tanaman bunga tropis maupun buah dan sayuran, serta binatang ternak lainnya.

Bahkan tersedia helipad untuk pendaratan helikopter, buat pengunjung eksekutif yang ingin cepat sampai tanpa terhambat macet lalulintas. Tenjolaya Park adalah surga buat anak-anak dimana mereka bebas bermain dan bercanda dengan binatang-binatang jinak dan lucu dan menggemaskan seperti kelinci, bebek, ayam, kambing bahkan rusa yang berkeliaran bebas. Tak kurang disetiap sudut banyak kupu-kupu dan suara kicauan burung yang bersahutan untuk pelipur lara.

Sungguh Tenjolaya Park benar-benar memberikan suasana alam dan kehidupan pedesaan yang sebenar-benarnya. Bahkan bila malam menjelang mulai terdengar suara derik jangkrik dan kodok yang tak berhenti bersahutan. Wahana diatas tanah seluas hampir 20 hektar ini, memang didesain untuk wahana wisata edukasi berbasis petukangan dan hidup di alam terbuka.

Tidak heran tempat ini sangat nyaman untuk berkemah atau camping ground untuk edukasi bagi anak-anak dan remaja untuk belajar bertanam sayuran dan buah serta mencintai mahluk Tuhan.

Bahkan kini mulai banyak berdatangan sejumlah komunitas off road, atau komunitas pelajar yang ingin merayakan reuni atau hanya sekedar berkumpul dan menggelar api unggun serta barbeque Bersama-sama.

Tempat ini memang sangat cocok untuk kegiatan kebersamaan keluarga besar atau reuni dengan sahabat maupun menghabiskan malam tahun baru bersama, apalagi ditunjang fasilitas public yang cukup memadai, banyak toilet, musholla, balai dahar buat kumpul keluarga atau bersama teman dan kolega kerja.

Bogor, Dee, 30072020

 

 

 

 

Tags:
,
Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
1 Comment
  • Avatar
    Heru Pamuji
    Posted at 08:11h, 17 August Reply

    Terima kasih sdh mampir di Botenparl

Post A Comment