Minum Es Sekoteng Ditemani Mick Jagger

Penulis: Elvy Yusanti

Ini adalah sudut lain dari kulineran di Kota Bandung. Lokasinya di Jalan Veteran, satu deretan dengan Batagor Kingsley yang tersohor. Tempatnya tidak terlalu luas, karena hanya halaman sempit di depan rumah yang kebetulan menghadap jalan raya. Namanya Warung Es Sekoteng Bungsu 29.

Menu yang disajikan yakni Somay, Bakso dan Es Sekoteng yang disajikan di gerobak sederhana. Ada alpukat, kelapa muda, kolang-kaling dan sekoteng warna merah yang disiram dengan kental manis. Segarrr, apalagi jika disantap saat cuaca panas.

Yang menarik, kedai ini dibangun di lokasi sederhana dan didesan unik. Tampaknya sang pemilik mengidolakan grup band rock seperti Rolling Stones dan Led Zeppelin karena dinding-dindingnya dipenuhi ratusan poster grup musik legendaris itu.

Keunikan lainnya adalah suguhan live musik yang membawakan everlasting song seperti saat saya berkunjung kesana beberapa bulan lalu. Tembang lawas “I don’t want to talk about it” milik Rod Steward terdengar nyaring diiringi gitar penyanyi setengah baya.

Meski kedai ini sangat sederhana, tapi pengunjungnya keluar masuk. Meja dan bangku terbuat dari kayu dan lantainya hanya dilapisi plesteran, bukan keramik. Ada pasangan anak muda, ada keluarga dari Jakarta, dan ada sekumpulan ibu-ibu yang ngobrol seru sambil berfoto.

Mungkin ada pertanyaan, kenapa kedai sesederhana ini bisa ramai pengunjung? Handiek, warga Depok yang datang bersama keluarganya mengaku tertarik dengan lokasinya yang unik. “Nongkrong itu nggak harus di tempat mewah dan mahal kan?,” katanya sambil menikmati tembang Rod Steward yang liriknya ditulis Danny Whitten tahun 1977 itu.

Hal yang terpikir di benak saya adalah, membangun kebahagiaan itu tidak selalu dengan sesuai yang mahal tapi cukup bermodalkan kreativitas. Jika kebetulan ke Bandung, mampirlah ke kedai Es Sekoteng Bungsu 29, Anda akan dihibur oleh suara merdu yang membawakan lagu-lagi lawas. Siapa tau salah satu lagu favorit Anda yang akan dinyanyikan.

Menciptakan kebahagiaan bagi orang lain tidak harus dibeli dengan harga mahal, dan kreatif dan mereka yang mampu menciptakan kebahagiaannya untuk oranglain meski dengan cara sangat sederhana.

 

#KGH

Elvy Yusanti
Elvy Yusanti
elvy@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment