Nasi Jamblang, Menu Favorit dari Cirebon

Penulis : Dewi Suspaningrum

Saat menikmati nasi Jamblang, menu favorit masyarakat Cirebon, sudah pasti tidak akan cukup cuma sebungkus. Apalagi jika waktunya pas makan siang atau makan malam dengan perut yang keroncongan… anda pastinya nambah dan nambah lagi…..

Nasi Jamblang terbilang unik, karena nasi putihnya dikepal kecil-kecil dan dibungkus daun jati. Jadi harumnya terasa lain dibanding nasi biasa. Jika anda kebetulan sedang plesiran ke kota Wali, Cirebon. Sempatkan mencicipi menu nasi Jamblang “Mang Dul” di jalan Dr. Cipto Mangun Kusumo No. 3-4 Cirebon.

Setiap hari restauran ini sudah terbuka sejak pukul 5 pagi hingga sore menjelang. Di jam-jam sarapan dan makan siang biasanya pengunjung berjubel mengantri untuk mendapatkan nasi Jablang. Anda tinggal menyebut berapa nasi Jamblang yang anda mau dan silahkan pilih menu tambahan untuk diri sendiri alias self service.

Menu tambahannya biasanya ada perkedel kentang maupun jagung, sementara lauk utamanya bisa ayam goreng atau ikan goreng. Sayurnya hemmm…. bisa pilih kangkung atau lainnya tapi tidak tersedia sayur sop atau lodeh karena menu ini bukan jodohnya nasi jamlang.

Tapi yang khas disini adalah sambalnya. Sambal nasi jamblang rasanya tidak pedas karena dibuat dari irisan halus cabe merah besar atau cabe keriting besar tanpa isinya atau bijinya. Jadi meskipun sangat merah tetap tidak pedas rasanya, cocok buat anda yang tidak tahan dengan pedasnya cabe.

 

Untuk menikmati nasi Jamblang, setelah antri makanan, anda bisa duduk bersama-sama pelanggan lainnya dibangku panjang yang disediakan Bang Doel berjajar diruangan restauran. Sementara para pelayan akan mengitari ruangan untuk menanyakan pesanan minuman. Jadi jangan bayangkan tersedia meja selayaknya restauran atau rumah makan biasa ya….

Nikmat menjamu nasi jamblang. Kita tinggal membayar di kasir apa saja yang sudah dimakan. Bayangkan untuk 2 nasi jamblang dengan perkedel juga sayur ditambah ikan goreng berikut es jeruk, semua dihargai tidak lebih dari 9 ribu rupiah… cukup sesuai dengan kapasitas kantong kan… Tapi jangan coba-coba untuk mengakali kasirnya ya… karena konon orang-orang yang berusaha membohongi kasirnya, katanya nanti akan jadi sakit perut… Kualat kan…(lagian kan nga sopan udah murah masih nga mau rugi lagi…).

Sebenarnya di Cirebon ini, banyak rumah makan yang menawarkan nasi jamblang mulai dari pagi hingga dinihari. Maklum makanan ini memang merupakan makanan tradisional sekaligus sangat khas Cirebon sehingga banyak diminati pendatang dan masyarakat setempat. Nah… anda yang penasaran silahkan mampir ke kota batik di wilayah pesisir ini.
SELAMAT MENIKMATI !!!…..
Cirebon, Dee, 14072020

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment