Nasi Krawu, Cita Rasa Menu Utama Gresik

Penulis : Dewi Suspaningrum

Berada di luar kota, apalagi sehabis bertugas, meski badan remuk redam, bukan halangan untuk tetap menelusuri pelosok kota demi mencicipi kuliner khas berciri tradisional. Pesona menu-menu Jawa Timur jika di telusuri lebih jauh juga menyimpan kenikmatan tersendiri dalam menjamu lidah penyuka makanan nusantara.

Salah satunya, kita bisa mencicipi menu nasi krawu yang bisa ditemui di banyak tempat di wilayah Gresik, Jawa Timur. Disajikan dengan pincuk daun pisang sebagai pengganti piring, dan makan dengan tangan langsung menjadikan suasana makan serasa dikampung sendiri.

Nasi Krawu adalah satu kuliner khas kota santri Gresik. Nasi yang ditanak dengan cara tradisional (dimasak dengan tungku seperti halnya proses pemasakan nasi secara tradisional di pulau Jawa). Nasi hangat nanpulen disajikan dengan potongan semur babat dan suwiran daging sapi. Sebagai pelengkap rasa pedas bisa dinikmati dari kuah ikan bandeng. Tapi yang menjadi penentu dan penanda nasi krawu dan tidak boleh terlupa adalah parutan kelapa yang disanggrai atau yang biasa disebut serundeng  berwarna kuning karena kunyit dan satunya berwarna coklat karena digoreng lebih lama dan ditambah irisan gula aren.

Nah jika anda sempat mampir ke Gresik walau hanya sekedar transit jangan lupa mampir ke depot nasi krawu “Buk Tiban” Jl. K.H. Abdul Karim Gresik Telp. 031.3987191. Nasi Krawu “Buk Tiban” yang kini sudah menurun pada generasi ke-2 selalu penuh sejak dibuka pada pukul 09:00 WIB hingga sore pukul 16:00 WIB.

Ciri khas nasi krawu “Buk Tiban” ini adalah cita rasa nasinya yang sangat punel alias pulen. Ditambah dengan suwiran daging sapi dan irisan babat kecap memiliki rasa yang pas dan nendang di perut. Ditambah lagi dengan sambal petisnya yang benar-benar mantap, kombinasi yang ciamik antara cabai dan petis. Rasanya memang pas di lidah orang Jawa Timur, pedas dan ada sedikit manisnya. Seperti biasa penanda nasi krawu ini adalah serundeng dengan warna kuning, orange dan coklat karena ditambah gula aren sehingga rasanya manis.

Kenikmatan nasi krawu bisa anda rasakan tanpa harus menghabiskan kocek anda terlalu dalam. Untuk seporsi lengkap berikut segelas es teh tawar untuk pemuas dahaga, anda hanya perlu membayar Rp. 20.000,- saja. Harga ini tentunya akan bertambah jika anda terus menambah lauk lainnya. Tapi pasti harga yang murah ini masih jauh jika dibanding berbelanja atau makan siang di ibukota .

Biasanya nasi krawu sangat cocok buat sarapan atau makan siang, jadi jangan heran jika di waktu tersebut anda terpaksa mengantri untuk menikmati sepincuk nasi krawu. Meski warung nasi krawu “Buk Tiban” ini kecil tapi selalu penuh dan selalu antri orang makan disini. Baik dari dalam kota maupun luar kota. Warung ini memang terkenal karena nikmatnya, dank has sambal petisnya yang membedakan warung “ Buk Tiban” dengan warung nasi krawu lainnya.


Nah selamat berburu makanan khas Jawa Timur, semoga tulisan ini bisa menjadi refensi kuliner perjalanan anda wilayah timur pulau Jawa.

Gresik, Jawa Timur, Dee, 17072020

End-

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment