Pantai Pangandaran, Wisata Bahari di Jawa Barat

Penulis : Dewi Suspaningrum

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai di Jawa Barat yang terkenal karena keindahan dari pemandangan yang diberikan, tidak sedikit wisatawan yang datang ke pantai ini selama musim liburan. Pantai yang terletak di Kabupaten Pangandaran yang merupakan pemekaran dari kabupaten Ciamis dan terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya ada di desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Tidak kalah dengan Pantai Gunung kidul atau Pantai Parangtritis yang ada di Yogyakarta, pemandangan yang ada di Pantai Pangandaran sangatlah memukau mata, saat pertama kali datang ke tempat ini. deburan ombak yang bersahutan serta matahari terbit ataupun terbenam sangat memukau dan idah ditambah aktivitas kapal-kapal nelayan yang mulai ramai saat sore hari hingga pagi menjelang

Banyak warga desa sekitar yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, mereka biasa mencari ikan di dekat Pantai Pangandaran, aktivitasnya tentu menambah kesan keindahan tersendiri bagi pantai tersebut, jaring-jaring dari nelayan mulai bertebaran dihiasi warna yang unik dan elok jika dilihat dari kejauhan. Belum lagi transaksi jual beli ikan dipagi hari baik para tengkulak hingga turis yang sengaja ingin membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan semalam.

Di pantai ini anda juga banyak sepeda yang disewakan baik oleh penyewa yang memiliki lapak di sekitar pantai ataupun di hotel tempat menginap. Harga sewaan sepeda bervariasi tergantung lamanya sewa, bisa hanya 3-5 jam ataupun 24 jam.  Berkeliling pantai  sambil menikmati angin laut yang segar, tentu merupakan aktivitas yang menyenangkan. Pilihan lain ada juga jasa untuk naik ke perahu pesiar, memancing, parasailing hingga bermain jet-ski, sungguh Pantai Pangandaran akan membuat anda serasa berpiknik di luar negeri.

Uniknya lagi banyak penginapan yang disediakan di sekitar rumah warga yang tentunya dekat dengan bibir pantai, penginapan yang terlihat sederhana namun memiliki bangunan yang modern dan tentunya disuguhkan dengan keindahan pantai nan eksotik. Anda juga akan diantar oleh becak-becak khas Pangandaran yang akan mengantar anda dari penginapan hingga menuju ke beberapa tempat di pantai ini. Sebelum pandemi corona, banyak warung makan 24 jam bahkan bar-bar hingga caffe bertebaran dan selalu ramai hingga dinihari. Namun setelah wabah corona semua jadi tutup dan pariwisata-pun terpuruk.

Spot Pantai Pangandaran
Setiap tempat wisata khususnya pantai pasti memiliki spot-spot atau tempat untuk melihat pemandangan paling bagus dari tempat tersebut, untuk wisata Pangandaran sendiri memiliki 3 spot yang banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu Pantai Pananjung, Pantai timur, dan tempat belanja Souvenir.

Pantai Pananjung
Pantai pananjung Pangandaran terletak di sebelah barat pantai dengan ombak yang tidak begitu besar sangat cocok bagi anda yang membawa anak-anak dan suka bermain di pesisir pantai, selain itu di pantai pananjung ini terdapat sebuah kawasan perlindungan satwa jadi anda bisa melihat beberapa hewan yang dilindungi oleh pemerintah mulai dari monyet, rusa dan masih banyak lagi.

Di pantai Pananjung juga terdapat gua alami dan gua buatan, untuk gua buatan sendiri dibuat pada masa penjajahan Jepang pada saat perang dunia ke II dan digunakan sebagai bungker untuk berbagai tujuan dan persembunyian tentara.

Tidak hanya itu, di tempat ini juga terdapat salah satu destinasi yang lebih memukau kembali, yaitu sebuah air terjun yang berada di dekat pantai pangandaran, memang tidak jauh dari pantai namun kita harus mendaki bukit, setelah bisa ke air terjun ini kita bisa melihat dari atas gunung air terjun yang indah dan juga hamparan indah dari luasnya pantai Pananjung di Pangandaran, tak jarang banyak wisatawan yang mengadakan camping di pantai ini.

Pantai Timur
Pantai timur terkenal dengan tempat kulinernya yang lengkap, tentunya menu yang disediakan berupa aneka hidangan laut yang begitu lezat, di pantai timur Pangandaran para wisatawan akan menikmati aneka hidangan laut dilengkapi dengan pemandangan laut yang indah.

Pantai timur pangandaran juga terkenal akan pasar ikannya, di sini banyak sekali jual beli hewan laut terutama ikan laut, udang , lobster dan kepiting hasil tangkapan nelayan sekitar. Wisatawan juga dapat berbelanja di tempat ini untuk menikmati ikan laut khas Pangandaran.

Tempat Belanja Souvenir
Tempat wisata di Indonesia sangatlah kurang apabila tidak membeli oleh-oleh khas dari tempat tersebut, di Pantai Pangandaran juga terdapat area belanja souvenir yang luas tentunya sangat diburu oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara, pemerintah setempat membuat area tersebut sebagai ladang mencari rejeki demi meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, selain pernak pernik di tempat ini juga banyak jual oleh oleh makanan khas Pangandaran salah satunya yang terkenal adalah ikan asin jambal roti dan terasi udang, dan udang rebon juga kerupuk ikan.

Pangandaran, Dee, 01092020

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment