Pukis, Jajanan Jadul yang Makin Eksis

Oleh: Elvy Yusanti

Semalam niat buatin anak mbarep Kue Pukis kesukaannya. Sebelumnya pernah bikin tapi pengen cari resep lain. Pas browsing yang muncul resep Pukis KFC banyak banget. Baru ngeh kalau resto ayam goreng ini menjual Pukis, kudapan tradisional Indonesia.

Sebelum resto cepat saji ini merilis Pukis, kue yang bahan baku pembuatannya hampir mirip martabak manis dan kue cubit ini sudah banyak dijual dengan varian di topping-nya. Keju, mesis, kacang, atau diberi aroma green tea dan pandan. Bahkan di kaki lima, penjual Pukis juga banyak.

Almarhumah Ibu dulu juga sering membuat kue ini meski terbatas hanya untuk pesanan. Pukis yang montok-montok itu dipanggang di atas arang. Biasanya ibu hanya memberi varian coklat dan original.

Ada banyak resep Kue Pukis yang bisa digoogling. Setelah sebelumnya yang hits Pukis Menul-menul sekarang Pukis KFC. Saya belum pernah nyobain makan Pukis ala resto ayam goreng yang katanya enak itu.

Perkembangan dunia kuliner bergerak cepat, seiring dengan maraknya penggunaan media sosial. Selama pandemi berlangsung ada beberapa makanan dan minuman yang viral dan jadi menu jualan. Sebut saja Dalgona Coffee, Garlic Bread, Odading Mang Ole, Klepon, dan masih banyak lagi. Yang viral-viral biasanya hanya sesaat, tapi makanan tradional Indonesia tetap akan melekat di hati dan tersaji di meja makan keluarga Indonesia.

Resep Moucup

Bahan A:
50 ml air hangat
1 sdm terigu
1 sdm gula pasir
1 sdt ragi instant

Bahan B:
135 ml santan, bisa pakai 2 sachet santan kemasan tambah dengan 65 ml air
165 ml susu segar
50 ml kental manis
Sejumput garam

Bahan C:
300 gram terigu protein sedang
30 gram maizena

Bahan D:
125 gram butter

Bahan E:
2 kuning telur
2 butir telur utuh
180 gram gula pasir

Cara membuat:
1. Campur bahan A, aduk rata, diamkan hingga mengembang
2. Masak bahan B hingga mendidih, dinginkan
3. Lelehkan bahan C, sisihkan
4. Ayak bahan D
5. Kocok menggunakan mixer bahan E hingga mengembang. Masukkan bergantian bahan B dan C. Lalu masukkan bahan D. Sambil terus dikocok.
6. Terakhir masukkan bahan A. Aduk hingga rata, diamkan sampai adonan mengembang. Siap dicetak.

Resep Pukis dari @Moucup ini recommended meskipun membuatnya agak rempong karena stepnya lumayan banyak. Rasa manisnya pas, lembut gurih dari paduan santan, susu segar dan kental manisnya ok. Pakai topping yang ada di rumah, keju, kacang mesis dan pandan. Siapa yang suka Pukis?

Elvy Yusanti
Elvy Yusanti
elvy@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment