RATUSAN PEREMPUAN BERKEBAYA LUWES MENARI DI KEBAYA BERDANSA

Jakarta, 31/8 (Liputan6.com) – Ratusan perempuan dari berbagai komunitas perempuan berkebaya yang tergabung dalam koalisi tradisikebaya.id, menari dan berdansa dalam acara Kebaya Berdansa di Tribeca Park, Central Park, Jakarta Barat, Sabtu, 27 Agustus 2022. Acara digelar sebagai bagian kampanye mendorong kebaya sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO.

“Hari ini senang sekali ya, ramai di luar dugaan semuanya bergembira dan semuanya memakai kebaya, dan kebaya ternyata sangat luwes bisa dipakai di event apa saja,” kata Karlina Puspa, Ketua Umum Forum Bhinneka Indonesia (FORBHIN), dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (29/8/2022).

“Harapannya ke depan ayo kita bersama-sama memperjuangkan sampai ke UNESCO dan kebaya menjadi sah milik Indonesia menjadi ciri khas dan identitas perempuan Indonesia. Kebaya adalah Indonesia,” ia menambahkan.

Acara tersebut juga dihadiri Deputi V bidang Politik, Hukum, Keamanan, Pertahanan dan Hak Asasi Manusia Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Jaleswari Pramodhawardani. Ia menilai kebaya adalah bagian tidak terpisahkan dari identitas perempuan Indonesia dan tak lekang oleh zaman.

“Bagi seorang perempuan, berkebaya tidak saja untuk mengartikulasikan dirinya melalui pakaian, tetapi juga memiliki makna yang lebih luas mulai dari wujud identitas hingga kecintaan pada budaya bangsa,” ia menuturkan.

Jaleswari mengatakan bahwa gaung Kebaya Goes to UNESCO sejalan dengan perspektif pemerintah pada misi bersama dalam menjaga kepemilikan serta menduniakan kebaya. Ia menilai saat ini sangat pas untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia, terutama Indonesia sedang di puncak kepemimpinan global maupun regional.

“Saya rasa mendapatkan pengakuan dari UNESCO atas kebaya sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia merupakan langkah holistik yang harus terus kita upayakan dalam mendukung penguatan soft power Indonesia,” ucapnya.

Avatar
atinitiasmoro
atinitiasmoro@yahoo.co.id
No Comments

Post A Comment