Seafood “Pak Moel,” Makanan Laut Ala Cirebon

Penulis : Dewi Suspaningrum

Sebenarnya waktu itu kami tidak berniat untuk menghabiskan malam dengan makan seafood. Tapi sebagaimana lazimnya orang pendatang tentu ingin mencicipi segala rupa yang menjadi khas sebuah daerah termasuk kulinernya. Wajar saja sih… mumpung lagi singgah di Cirebon, berkeliling-lah kita mencari sesuatu yang khas. Saat perut mulai keronconga dan malam mulai larut, tentu sebelum masuk hotel buat beristirahat kami minta diantar kontributor Cirebon buat mencari sesaji bagi cacing-cacing perut kami yang sudah kelaparan.

Singkat cerita karena sudah mencoba nasi Jamblang, kini kami-pun bertandang ke restauran seafood pak “Moel” di jalan Kalibaru Selatan No. 39 Cirebon. Bangunan ruko sederhana ini memang tidak terlihat menonjol diantara areal ruko yang berjajar disepanjang jalan tersebut. Tapi aroma dan asap yang keluar dari dapur yang berada tepat didepan restaurant serta banyaknya mobil parkir yang berjejer didepan ruko sudah bisa menjadi penanda bahwa restauran ini memang lain dari yang lain.

Sambil memilih menu kita ditawari otak-otak ikan tenggiri sebagai cemilan. Sepintas menu yang ditawarkan sama seperti restauran seafood pada umumnya. Tapi begitu menu pesanan tersaji, cita rasa kuliner seafood sudah bisa diciri perbedaannya. Kami sarankan saat memilih menu disini sebaiknya yang serba bakar bisa, udang bakar, ikan bakar, cumi bakar, atau kepiting kecil atau rajungan… Hem.. semuanya menerbitkan selera.

Bumbu yang melumuri ikan atau udang maupun cumi bakar sangat kaya ramuan. Baunya rempah wangi sekali, semakin menerbitkan selera… rasanya juara … Terutama buat aku yang memang doyan seafood .. lezatnya minta ampun!!!…. Apalagi udang bakarnya, rasa pedas, manis, asin sepertinya melebur dalam tekstur lembut daging udang yang terhitung sangat besar ukurannya.

Soal harga, memang tergantung pesanan tapi yang pasti bersaing dan masih terjangkau kantong kita-kita yang BUKAN kategori kelas elit, atau kasarnya bisa dibilang rasa hotel bintang lima tapi soal harga bisa disamakan dengan K-5.

Jadi saat berkunjung ke Cirebon ayoo, sempatkan ke Seafood “ Pak Moel” rasanya Juara deh… Nggak bakal Nyesel…  Ayoo buktikan segera!!

Cirebon, Dee, 14072020.

Tags:
,
Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment