Sehat Berbonus Cantik Dengan Minum Kunyit Asam

FOTO: Abishai Sahadeva

Oleh :Atie Nitiasmoro

Jamu berbahan herbal akrab dengan keseharian orang Indonesia sejak dulu kala, baik untuk pengobatan maupun sebagai minuman penambah stamina dan menjaga kesehatan. Meski sempat agak kurang diminati karena terkesan jadul, kini jamu kembali digemari apalagi saat pandemic covid 19, banyak diburu untuk memperkuat imunitas.

Kunyit asam adalah salah satu jamu tradisional yang digemari berbagai usia dari anak-anak sampai dewasa, perempuan dan lelaki,  karena rasanya yang segar. Diracik dari dua jenis rempah yang berbeda yaitu kunyit dan asam Jawa serta gula Jawa sebagai pemanisnya, dan sebagian ada juga yang mencampurnya dengan daun sirih,  membuat minuman tradisional ini punya khasiat yang dahsyat.

Dari berbagai sumber yang dirangkum oleh Berita Kenari, rutin mengkonsumsi kunyit asam, membuat kulit halus, glowing, terbebas dari penyakit kulit. Hal ini karena kandungan vitamin C dan seratnya dapat mempertahankan kesehatan kolagen dan minyak alami yang terdapat di bawah kulit. Sehingga kulit menjadi lembab, kerutan halus sirna dan wajah selalu terlihat muda.

Kandungan zat atsiri yang ada di kunyit asam dapat mengharumkan badan dan mengontrol keringat yang bercampur dengan bakteri penyebab bau badan tidak sedap. Zat kimia atsirinya mampu mengikat keringat berlebih  dan membunuh bakteri penyebab bau yang tidak sedap.

Oh ya, kandungan vitamin C dan zat senyawa lain dalam kunyit asam  termasuk zat asamnya mampu melunturkan dan mempercepat proses penghancuran lemak didalam tubuh. Sehingga perut buncit bisa kembali rata, badan langsing, tapi tentu juga harus diimbangi dengan olahraga teratur ya.

Kandungan senyawa kimiawi aktif dalam kunyit seperti mineral, Alumunium, Seng, Zat Besi, Kalsium, Natrium, Kalium,  Vitamin C & A dipadukan dengan polifenol dalam asam Jawa yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang, dapat membantu pencegahan dan penyembuhan berbagai penyakit.

Sekarang kita lihat manfaat kesehatan dari kunyit asam yuuuk ;

  1. Sebagai detoksifikasi tubuh

Mampu menjadi penawar racun dan membuang racun yang mengendap di tubuh sebagai efek penggunaan obat-obatan kimia dalam jangka panjang.

  1. Menyembuhkan peradangan pada tenggorokan Tenggorokan yang sakit adalah indikasi masuk angin dan panas dalam. Jamu kunyit asam mampu mengusir masuk angin dan menyembuhkan sakit pada tenggorokan secara cepat. minumlah ramuan ajaib ini sehari 2 kali.
  2. Mencegah penyakit lupa (Alzheimer) Senyawa kimia aktif yang ada pada kunyit mampu memperbaiki sel sel otak, melancarkan  dan memperkuat pembuluh darah seputar otak serta membuat otak lebih baik dalam menerima respon dan sinyal yang diberikan oleh tubuh.
  3. Dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara Nutrisi yang ada di dalam kunyit asam mampu mengganggu proses perkembangan sel kanker dan menghambatnya agar tidak tumbuh pada daerah lain. Kanker payudara dapat dicegah selama  konsisten minum jamu kunyit asam jauh sebelum  terserang sel kanker itu sendiri. Karena  itu dianjurkan agar remaja putri rutin meminumnya.
  4. Mencegah penyakit diabetes Senyawa kimia  pada kunyit dan asam mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan kembali jika kadar gula mulai naik. Meminum secara teratur dapat mengontrol kadar gula dalam darah setiap waktu agar tubuh terhindar dari penyakit diabetes.
  5. Dapat mengobati anemia Seseorang yang kekurangan darah atau terserang anemia akan selalu terlihat lesu, pucat dan tidak bergairah. Kunyit asam yang rutin dikonsumsi, mampu meningkatkan sel darah merah sehingga bisa mengembalikan vitalitas tubuh.
  6. Menyembuhkan mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya  Vitamin A yang terdapat pada kunyit mampu memperbaiki retina mata dalam menangkap cahaya dan mengurangi sensitifitasnya.
  7. Menyembuhkan pembengkakan pada selaput lendir mulut Pembengkakan pada rongga mulut terutama selaput lendir mulut dapat membuat peradangan. Sehingga menimbulkan bau mulut dan penimbunan makanan disela gigi yang mengakibatkan pembusukan dan pemunculan bakteri. Manfaat kunyitbersifat anti radang dan inflamasi yang kuat  mampu mengobati peradangan seputar rongga mulut dengan cepat.
  8.  Dapat mencegah penggumpalan darah

Jamu kunyit asam dapat melancarkan aliran darah dan oksigen keseluruh pembuluh darah dan jaringan tubuh lain. Darah akan selalu harum dan bersih karena mendapat proses penyegaran dari zat mineral  yang dimiliki oleh kunyit.

  1. Menyembuhkan penyakit tifus Bila terserang gejala tipus segeralah mengkonsumsi jamu kunyit asam secara teratur sehingga gejala tipus menghilang dan tubuh kembali sehat.
  2. Dapat melancarkan ASI Jamu kunyit asam sangat bermanfaat untuk memproduksi ASI sehingga berlimpah dan meningkatkan kualitas ASI yang nutrisinya sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Berikut bahan dan cara membuat kunyit asam

Bahan:

  1. 600 ml air
  2. 100 gram gula jawa, sisir
  3. 20 gr asam jawa
  4. 8 buah kunyit ukuran besar
  5. Sejumput garam

Cara Membuat :

  1. Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.
  2. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula,garam dan asam jawa.
  3. Setelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin. Saring dan masukkan ke dalam gelas atau botol.

FOTO: IG Yu_tie/Diora Hs

Bila ingin praktis dan sudah terbukti enak, bisa beli kunyit asam Yu’Tie yang diolah secara hygenis dengan bahan segar berkualitas.  Follow IG Yu_tie/Diora Hs

Atie Nitiasmoro@Kenari Guest House

 

 

 

 

 

 

 

Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment