Taman Bungkul, Taman Indah di Jantung Kota Surabaya

Penulis : Dewi Suspaningrum

Terletak tepat di jantung kota Surabaya. Taman Bungkul bisa dikunjungi  di Jalan Raya Darmo, Surabaya, Jawa Timur. Luas area taman ini sekitar 900 meter persegi, dan ditanami beragam bunga aneka warna serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti jogging track, taman bermain anak-anak dan lahan untuk papan luncur atau skateboard. Selain itu, taman ini juga difasilitasi dengan akses internet nirkabel. Jadi jangan heran jika banyak ditemui generasi milenial yang banyak nongkrong.

Sebutan “Taman Bungkul” sebenarnya diambil dari nama Mbah Bungkul, dimana makam beliau juga terletak pada taman ini. Mbah Bungkul adalah julukan untuk Ki Supo, seorang ulama di kerajaan Majapahit pada abad XV saudara ipar Raden Rahmat atau Sunan Ampel.

Taman Bungkul sudah seperti jantung dan paru-paru kota Surabaya. Taman ini sekarang menjadi taman wisata bagi mereka yang ingin menikmati suasana hijau di tengah kota. Beberapa acara juga sering di gelar ini taman ini sebagai kegiatan hiburan atau kebudayaan bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Di bagian belakang taman, terdapat beberapa warung yang menawarkan menu khas Surabaya, seperti Rawon, Soto, Bakso dan banyak lagi. Yang terkenal disini adalah Rawon Kalkulator yang selalu ramai dikunjungi saat makan siang dan makan malam. Uniknya rawon kalkulator adalah pedagangnya saat menghitung pembayaran makanan hanya mengandalkan otak tanpa kalkulator atau bantuan apapun, sehingga dijuluki otaknya seperti kalkulator.

Taman Bungkul selalu ramai dikunjungi warga dari pagi hingga malam hari dan gratis. Kini Taman Bungkul menjadi icon kota Surabaya yang mencerminkan kota dengan seribu taman.

Nah teman-teman, selamat menjelajahi kota Surabaya ya….

Surabaya, Dee, 07072020

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment