Taman Pintar Bikin Anak Makin Pintar

Kawasan Malioboro adalah salah satu magnet bagi wisatawan yang mengunjungi kota Yogyakarta. Setiap harinya tempat ini ramai dikunjungi oleh ribuan orang. Bukan hanya dari sekitar kota Yogya saja, bahkan dari seluruh Indonesia termasuk turis dari mancanegara.

Pesona Malioboro tidak hanya para deretan toko-toko batik dan souvenir khas Yogya maupun Pasar Bringharjo yang legendaris, hingga gedung-gedung tua yang ada di kawasan ini juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Bahkan jika anda mau berjalan terus sampai ke kawasan 0 KM Yogyakarta. Kita bisa melihat beberapa gedung kuno yang masih terjaga sampai sekarang seperti Gedung Agung, Kantor Pos Besar, Gedung BNI, dan Benteng Vredeburg.  Sedangkan untuk  anak-anaknya ada Taman Pintar yang wajib dikunjungi. Ditempat ini kita bisa melihat keseruan anak-anak  bermain sekaligus belajar tentang sains dan teknologi.

Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta, di kawasan Benteng Vredeburg yang berada di tengah kota. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi.

Salah satu tujuan awal didirikannya Taman Pintar ini adalah sebagai sarana pembelajaran sains dan teknologi bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan. Dengan mengunjungi Taman Pintar ini anak-anak usia sekolah dan generasi muda diharapkan bisa lebih mempunyai motivasi untuk mencintai dan menjiwai tentang sains dan teknologi karena selama ini ada kesan kalau belajar sains itu sulit dan membosankan. Namun di Taman Pintar belajar sains bisa lebih menyenangkan karena menggunakan alat-alat peraga dan juga berbagai wahana permainan.  Dengan begitu anak-anak bisa lebih memperdalam materi-materi pelajaran yang diterima di sekolah dan belajar ilmu sains dengan suka cita. Taman Pintar ini mulai dibuka untuk umum pada 16 Desember 2008 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Taman Pintar terdiri dari 5 gedung yang masing-masing mempunyai wahana yang berbeda-beda. Kelima gedung tersebut adalah Gedung Memorabilia, Gedung Oval, Gedung Kotak, Gedung Planetarium, dan Gedung Paud.

  • Gedung Memorabilia : Gedung ini memiliki 3 wahana yaitu Sejarah Kasultanan Keraton, Tokoh Pendidikan, dan Kepustakaan Presiden. Di gedung ini anak-anak usia sekolah bisa belajar tentang sejarah 2 keraton yang ada di Jogja yaitu Keraton Ngayogyakarta dan Pura Pakualaman. Selain itu anak-anak juga bisa belajar tentang beberapa tokoh pendidikan dan pahlawan nasional seperti Ki Hajar Dewantara dan juga tentang para presiden yang pernah menjabat di Indonesia.
  • Gedung Oval : Gedung ini memiliki 10 wahana yaitu Aquarium Air Tawar, Zona Kehidupan Prasejarah, Dome Area, Zona Cuaca Iklim dan Gempa, Terowongan Ilusi, Zona Tata Surya, Zona Teknologi Komunikasi, Generator Van De Graaf, Generator Pedal, dan Zona Nuklir.
  • Gedung Kotak : Gedung ini terdiri dari 16 zona yaitu Zona Microsoft, Zona Standar Nasional Indonesia, Zona Dino Adventure dan Teater 4D, Zona Telekomunikasi, Zona Sumber Daya Air, Hand on Science, Zona Melek Gizi, Zona Sains, Zona Tepi TV, Zona, Olahraga, Zona Sahabat pemberani, Zona Indonesiaku, Zona Galeri Pusaka, dan Perpustakaan.
  • Gedung Planetarium : Gedung ini merupakan salah satu gedung yang paling banyak dikunjungi anak-anak dan paling favorit. Di Gedung Planetarium ini anak-anak bisa melihat simulasi suasana langit pada malam hari dengan menggunakan proyektor digital juga film pendek tentang astronomi.
  • Gedung Paud: Gedung ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Paud Timur dan Paud Barat. Gedung ini memang dikhususkan untuk anak-anak usia 2-7 tahun yang belajar tentang sains dan teknologi tapi dengan konsep bermain dan bergembira.

Selain wahana-wahana yang sudah cukup lengkap tersebut, di Taman Pintar anak-anak juga bisa mengikuti beberapa program kreativitas seperti membatik, membuat kreasi gerabah, melukis kaos, melukis gerabah, berlatih menjadi presenter televisi, dan juga pelatihan robotik. Kegiatan tersebut tentu saja akan bisa mengasah otak anak untuk bisa menjadi lebih kreatif.

 

Tiket masuk Taman Pintar seharga Rp. 20.000,-/untuk orang dewasa dan Rp. 12.000,-/untuk anak-anak dibawah 12 tahun. Namun jika anak-anak ingin membatik atau melukis kaos maupun belajar membuat gerabah ada paket-paket harganya bisa terusan atau cukup satu paket saja.

 

Nah, Selamat mengeksplorasi Taman Pintar…

 

Yogyakarta, Dee, 18082020

 

End-

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment