Tempat Menjamu Perut di Bali

Penulis : Dewi Suspaningrum

 


Ubud yang merupakan satu wilayah terindah di kawasan pulau Bali dan banyak dikunjungi wisatawan domestic maupun turis asing. Wilayah Ubud bisa dijangkau hanya sekitar 60 menit dari pusat kota Kuta atau 30 menit dari wilayah ibukota Denpasar. Ubud menjanjikan keindahan panorama yang indah sekaligus ketenangan. Tidak heran banyak turis asing maupun domestik yang khusus datang ke tempat ini dengan sengaja khusus untuk beristirahat maupun berbisnis kerajinan khas Bali karena disinilah pusat sentra kerajinan di Bali banyak ditemui bahkan dengan harga yang murah.

Berbeda dengan Legian, Kuta ataupun Sanur, Ubud mulai terasa sepi saat matahari turun, senja. Praktis diatas jam 8 malam toko-toko sudah menutup pintu. Yang masih buka hanya segelintir kafe atau restaurant yang berjajar dipusat kota, itupun pengunjungnya tidak penuh. Ubud memang lebih cocok menjadi tempat peristirahatan yang syahdu termasuk buat orang yang ingin berbulan madu atau untuk mereka para pensiunan yang memang butuh relaks.

Buat kita yang kebetulan menghabiskan waktu, dalam rangka bisnis atau kerja, apakah buat yang remaja milenial tentu ini kurang pas, belum lagi jika kita mencari asupan pengganjal perut yang keroncongan dimalam hari. Jika di Legian atau kuta yang bisa ditemui kafe atau restaurant 24 jam makanya jangan harap, hal yang sama bisa terjadi di Ubud atau Buleleng…..

Di Ubud semua keramaian dan hingar binger  akan berakhir selepas pukul 09:00 malam (waktu setempat). Apalagi buat anda yang muslim, maka mungkin alternatif retaurant dibawah ini bisa nmenjadi acuan ketika anda berkunjung ke Ubud.

  1. RM. Ibu Mangku “Ayam Kedewatan”


Alamatnya di Jl. Kedewatan No.18 Ubud. Menunya nasi rames, ayam suwir dan sate lilit, harganya terjangkau seporsi hanya  Rp.15.000,- biasa buka dari jam 10:00 wita hingga sore hari tapi terkadang siang sudah habis. Hampir Setiap siang selama Senin-Sabtu juga Minggu akan diserbu pembeli termasuk bule-bule eropa maupun Jepang dan Korea, karena nikmat dan lezat serta tempatnya nyaman dan bersih. Menu utama cah-cahan ayam atau ayam suwir, namun jika tak suka pedas sebaiknya hati-hati dengan sambalnya bisa membuat sumringah karena kepedesan.

2. Serba Ikan ” Warung Mina”

Ini warung muslim pertama di Ubud. Tempatnya sangat luas dan asri soal parkir tak susah. Menu utamanya ikan, dalam berbagai olahan seperti goreng, bakar maupun pepes biasanya disajikan dengan lalap dan sayur asem.

Ada paket hemat dan lengkap yaitu untuk 4 orang dengan menu komplit seharga Rp.100.000,- tapi belum termasuk minuman. Ada juga menu yang lain tapi favoritnya disini adalah ikan baik digoreng, dibakar atau dibuat sop. Rumah makan ini buka sejak pukul 10:00 wita hingga pukul 22:00 WITA.

3. RM. Ijolumut 

Ini juga salah satu rumah makan halal di Ubud. Sebenarnya Ijolumut ini kependekan dari Ikatan jomblo, lucu dan imut….. Lucu banget ya…. Pertama tahu aku jadi geli sendiri karena katanya dilayani oleh para pelayan yang memang lagi pada berstatus jomblo, terus kalau sudah dapat jodoh atau pasangan harus keluar donk (hiiks…..).

Menu yang ditawarkan disini beragam mulai dari masakan Jawa hingga masakan cina. Tapi semua dijamin halal. Harganyapun terjangkau mulai sekitar Rp.15000,- hingga Rp 30.000,- /porsi. Saat nongkrong disini anda free untuk on-line internet. Jam operasionalnya dari  jam 09:00 WITA sampai jam 22:00 WITA. Tapi last order hanya diterima sampai jam 21:30 WITA.

4. RM. Be-Pasih 

Letaknya  di Jl. Pemuda III No.24 Renon. Agak masuk ke wilayah perumahan elite tapi tidak susah dicari. Sajian utamanya adalah menu ikan dengan beragam sajian yaitu goreng, bakar maupun pepes. Untuk minumannya ada bisa memesan es kelapa muda maupun es cendol, lengkap sekali menu timurnya. Tapi yang utama bumbu masakan disini sangat terasa. Menu ditawarkan perpaket mulai dari Rp.20.000,- hingga Rp. 30.000,-/porsi.

5. RM. Sari Baruna 

Terletak  di Jl. Raya Goa Lawah, klungkung, Bali. Letak wilayah Klungkung yang berada dipinggir pantai menjadi nillai tambah tersendiri. Rumah makan Sari Baruna inipun menawarkan menu serba olahan ikan Tuna, mulai dari pepes, sate lilit hingga sop dan baso ikannya, semua berbahan dasar ikan tuna. Harganyapun sangat terjangkau berkisar Rp 20.000 /porsi. Sangat disarankan anda memesan es kelapa muda batok, karena minuman ini disajikan tanpa gula dan murni air kelapa muda tanpa campuran. Tentunya ini sangat cocok buat anda yang sedang diet..

Nah….  itu tadi  sekelumit data kuliner yang bisa anda coba selama di Bali… Yang pasti menu-menu seru diatas dijamin halal karena sudah dikonfirmasi langsung dengan pemiliknya maupun pengelelola rumah makannya… Selamat berpetualang kuliner di Pulau Dewata Bali…

Ubud, Bali, Dee, 14072020

End-

Dewi Suspaningrum
Dewi Suspaningrum
dewi@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment