Sedapnya Tongseng Ayam

Oleh: Elvy Yusanti

 

Makanan tradisional memiliki sejarah dan filosofi dibalik pembuatannya. Penggabungan bumbu dan penataan tidak lepas dari citarasa dan keindahan.
Tongseng, adalah makanan khas berbahan daging kambing asal Jawa Tengah. Rasanya manis dari kecap, ditambahkan pada kuah gulai yang biasanya dimasak dengan anglo menggunakan arang.

Saya pertamakali makan Tongseng waktu kuliah, di Warung Sate Pakde seberang kampus IISIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Karena nggak terlalu suka daging kambing, maka saya rekues daging ayam, jauh dari pakem Tongseng asli.

Tongseng pertamakali dikenal pada abad 18-19 Masehi saat bangsa Arab dan India datang ke Indonesia untuk berdagang. Beberapa abad kemudian, mereka menetap di beberapa daerah di Jawa.

Pengamat kuliner Arie Parikesit, dikutip dari Kompas.com mengatakan, cikal bakal hidangan Tongseng dipercaya berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali. Menurut Arie, dulunya masyarakat kecamatan Klego mencari nafkah dengan bertani, namun ternyata mata pencaharian ini belum dapat mencukupi kebutuhan. Akhirnya mereka beternak kambing.

Daging kambing biasa dimasak sate dan gulai. Dalam perkembangannya, masyarakat di selatan Jawa mulai meracik menu baru, bertepatan saat pabrik gula pasir, gula merah, dan pabrik kecap manis mulai berproduksi.

Dari situ. terciptalah sebuah hidangan yang dibuat dengan cara mengongseng daging kambing bersama kecap, aneka bumbu iris yang dimasak dengan kuah gulai. Untuk menambah tekstur dan kesegaran, diberi irisan tomat dan kol, hidangan ini kemudian dikenal dengan nama Tongseng.

Menurut saya yang menggoda dari makanan ini adalah kuahnya, agak kental dan manis juga sayurannya, kol, tomat dan irisan cabe rawit merah. Rasanya manis, pedes ada sedikit asam dari tomat.

Jika ingin membuat sendiri di rumah, bumbu Tongseng sebagai berikut : bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lada, ketumbar, sereh, salam, lengkuas, dan daun jeruk. Bumbu dihaluskan, santan, kecap manis, kol, tomat hijau, cabe rawit merah iris. Daging kambing 500 gram, atau setengah ekor ayam diambil dagingnya.

Tumis bumbu sampai harum. Masukkan daging ayam/kambing/masak hingga matang. Masuń∑kan air secukupnya, santan, kecap, terakhir kol, tomat dan rawit. Masak hingga matang. Siap disajikan.

Cara membuatnya biasanya dibuat kuah gulai lebih dulu. Lalu bawang putih ditumis, masukkan daging, lalu siram dengan kuah gulai baru ditambah kecap dan sayuran. Cara masak resep ini lebih praktis dan menghemat waktu. Memasak Tongseng dengan cara praktis bisa dicoba sebagai hidangan makan siang/malam bersama keluarga tercinta.

EY/kenariguesthouse/10052020

Elvy Yusanti
Elvy Yusanti
elvy@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment