Teh Kayu Manis Sembuhkan Diabetes

Oleh :Atie Nitiasmoro

Mulai sekarang gantilah minuman  pagi harimu dengan secangkir teh rebusan kayu manis dan rasakan sensasi hangat yang membuat badan terasa lebih segar dan berenergi untuk memulai hari. Efek obat dalam kayu manis menjadikan minuman ini kaya manfaat untuk kesehatan.

1. Baik untuk Diet & Cegah Penuaan Dini

Buat kamu yang sedang diet, sering-seringlah mengonsumsi kayu manis. Ini karena menurut penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute, kayu manis memiliki kandungan zat cinnemaldehyde yang bermanfaat untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat mengurangi nafsu makan.

Studi menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan pembentukan kolagen dan meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Efek ini mencegah kerutan, penggelapan, dan tampilan penuaan pada kulit. Efek antibakteri pada kayu manis juga menjaga kulit dari bakteri penyebab jerawat.

2. Kaya akan Antioksidan

Selain cinnemaldehyde, kayu manis juga punya kandungan bermanfaat lainnya seperti zat anti-oksidan yang cukup tinggi. Zat ini dapat memberi banyak manfaat untuk tubuh, misalnya mengurangi kerusakan dalam tubuh akibat radikal bebas, mencegah stres oksidatif, serta mampu mengontrol pembentukan oksida nitrat yang bisa menimbulkan gangguan otak, penyakit kanker, dan penyakit serius lainnya. Beberapa zat antioksidan yang terdapat dalam kayu manis, yaitu polifenol, asam fenolik, dan flavonoid.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat kayu manis untuk kesehatan jantung juga sudah terbukti. Rempah-rempah yang satu ini dapat mengurangi kadar kolesterol total, kolesterol LDL yang jahat dan trigliserida, sementara kadar kolesterol HDL yang baik tetap stabil. Bahkan, sebuah studi review baru-baru ini mengungkapkan bahwa kayu manis juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Dengan mengonsumsi kayu manis secara rutin, bisa terhindar dari berbagai macam gangguan jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida yang tinggi.

4. Mencegah Diabetes

Senyawa dalam kayu manis juga dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin. Hal ini dapat meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh, meskipun tidak secepat insulin itu sendiri. Sejumlah penelitian yang sudah dilakukan pada manusia juga sudah mengonfirmasi efek anti-diabetes dari kayu manis, dengan menunjukkan hasil bahwa kadar gula darah puasa dapat turun sebesar 10-29 persen dengan mengonsumsi kayu manis. Kayu manis dapat memberikan efek antidiabetik yang kuat dengan menurunkan kadar gula darah.

Kayu manis bertindak dengan cara yang mirip dengan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah. Kayu manis juga membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan. Dilansir dari Medical News Today, penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 di Diabetes Care menemukan bahwa kayu manis dapat membantu menstabilkan kadar glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2.

5. Mencegah Kanker

Sifat antioksidan yang dimiliki kayu manis dapat mencegah dan mengobati kanker.  Sedangkan kandungan cinnemaldehyde, berguna  menghambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker. Kayu manis telah dipelajari secara luas untuk potensinya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Penelitian tabung reaksi telah mengamati bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit..

6. Mengurangi Nyeri Rematik

Bagi kamu yang mengidap rematik, mengonsumsi kayu manis sangat dianjurkan karena rempah-rempah ini dipercaya dapat mengurangi nyeri rematik. Hal ini turut didukung oleh penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine yang menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi sitokin, yaitu protein-protein kecil yang dapat menyebabkan rematik.

7. Baik untuk Kesuburan Wanita

Masalah kesuburan memang kerap dialami oleh wanita dan masalah ini  bisa diatasi dengan mengonsumsi kayu manis. Dikutip dari Natural Fertility Info, kayu manis berkhasiat mencegah wanita terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Kandungan enzim phosphatidylinositol 3 kinase yang terdapat di dalamnya mampu melawan penyakit yang mengganggu fungsi. 

8. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kayu manis tinggi akan kandungan antioksidan, seperti polifenol. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit Alzheimer. Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan lain yang terdapat pada kayu manis kabarnya juga dapat menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

Atie Nitiasmoro@Kenari Guest House

 

Atie Nitiasmoro
Atie Nitiasmoro
atie@kenariguesthouse.com
No Comments

Post A Comment